Wujud Dukungan Pada UMKM, Pemko Sawahlunto Beri Bantuan ATBM Sebanyak 44 Unit Untuk Pengrajin Tenun

UMKM | Rabu, 08 Februari 2023 | Sekretariat Daerah
Gambar Berita
SAWAHLUNTO - Pemko Sawahlunto memberikan bantuan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) sebanyak 44 unit yang diserahkan kepada pengrajin tenun songket di kota itu.
Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Sawahlunto Tatang Sumarna, pada Rabu 08 Februari 2023 menyampaikan bantuan fasilitasi sarana industri kecil menengah itu bersumber dari APBD Sawahlunto.
"Semuanya berjumlah 44 unit. Dengan pembagian yakni untuk Desa Lumindai sebanyak 32 unit, Desa Santur sembilan unit, Desa Kolok Mudiak satu unit, Desa Kolok Nan Tuo satu unit dan Desa Talago Gunuang satu unit," ujar Tatang merinci.
Tatang menjelaskan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) adalah perangkat/alat untuk kain tenun yang digerakkan secara manual (dengan tenaga manusia). Di Sawahlunto, untuk memproduksi kain songket Silungkang para pengrajin memang menggunakan ATBM ini.
"Jadi penerima manfaat bantuan ATBM ini adalah para pengrajin yang belum memiliki peralatan untuk bertenun, mereka selama ini ada yang meminjam atau menumpang ke tempat temannya. Mereka sudah melalui proses seleksi dan verifikasi terlebih dahulu oleh tim di Disperindagkop," kata Tatang.
Tatang menyebut bantuan ATBM ini juga merupakan hasil sinergi dengan DPRD Kota Sawahlunto dimana bantuan tersebut termasuk dalam Pokok Pikiran (Pokir) anggota DPRD atas nama Ketua Komisi III yaitu Lazwardi.
Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyatakan Pemkot terus berkomitmen berpihak dan memberikan prioritas perhatian terhadap pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dimana salah satu dukungan yang diberi yakni dengan fasilitasi sarana industri seperti ATBM tersebut.
"Kita yakin dengan memberikan dukungan dan bantuan terhadap UMKM ini bermanfaat besar, salah satunya menurunkan angka kemiskinan. Sudah dua tahun berturut-turut Kota Sawahlunto diumumkan Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai kota dengan tingkat kemiskinan paling rendah di Indonesia, tentu UMKM turut berkontribusi untuk itu," kata Wali Kota Deri Asta. (Prokopim)
Berita Terkait

Belum ada berita terkait

Berita Populer


Thumbnail Berita Populer
Pelatihan
Pembukaan Pelatihan Pengelasan SMAW Posisi 2F di BLK Sawahlunto
Jumat, 17 Mei 2024
Selengkapnya
Thumbnail Berita Populer
Pemerintahan
PJ Walikota Sawahlunto Ajak Insan Media Untuk Berkontribusi Memajukan Sawahlunto melalui Karya Tulisnya.
Senin, 20 Mei 2024
Selengkapnya
Thumbnail Berita Populer
Pemerintahan
Harkitnas ke 116 2024 Bertemakan Bangkit Untuk Indonesia Emas
Senin, 20 Mei 2024
Selengkapnya
Thumbnail Berita Populer
Pelatihan
Kominfo Sawahlunto gelar pelatihan Pengembangan website OPD
Selasa, 21 Mei 2024
Selengkapnya