Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Dr.dr. Ambun Kadri,MKM, mendampingi Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)

Kota Wisata | Selasa, 17 Januari 2023 | Muhammad Rozakh
Gambar Berita

Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Dr.dr. Ambun Kadri,MKM, mendampingi Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Hilmar Farid mengunjungi destinasi wisata heritage (kota tua) Sawahlunto, pada Selasa 17 Januari 2023.
Destinasi wisata heritage yang dikunjungi Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid adalah Gedung Info Box, Lubang Tambang Mbah Soero, Museum Goedang Ransoem dan Museum Kereta Api.
Hilmar Farid menyebut potensi wisata budaya dan sejarah Sawahlunto sangat besar, apalagi ditambah dengan predikat dari UNESCO sebagai World Heritage atau Kota Warisan Dunia.
"Ini PR kita bersama dalam memanfaatkan potensi yang ada. Termasuk membentuk Badan Pengelola Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS)," kata Hilmar.
Dalam jangka pendek ini, disampaikan Hilmar akan dibuat Rencana Induk Pembangunan dan Pemanfaatan WTBOS.
Sementara Sekretaris Daerah Dr.dr. Ambun Kadri, MKM, mengatakan Pemko Sawahlunto berharap dan membutuhkan dukungan dari pemerintah pusat dalam hal ini Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek sebab pekerjaan mengurus WTBOS ini memang bukan kewenangan dari pemerintah daerah saja.
"WTBOS ini harus kita garap bersama, ada kewenangan pusat dan ada kewenangan daerah. Apalagi di daerah tentu secara anggaran juga terbatas, maka kehadiran pemerintah pusat tentu sangat berarti pada perkembangan program pengelolaan WTBOS," kata Sekda Ambun Kadri.

Berita Terkait
Pj Wali Kota Zefnihan tinjau kondisi akses jalan dan infrastruktur sejumlah destinasi wisata Kota Sawahlunto
Kamis, 04 April 2024 - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sawahlunto
Destinasi Wisata Baru di Desa Talawi Hilie (Agrowisata Sawah baruah atau Sawah Bawuoh)
Jumat, 26 Januari 2024 - Admin Kecamatan Talawi

Berita Populer


Data tidak ditemukan.