Lamang Tungkek Khas Talawi Sawahlunto, Tersedia Setiap Hari Raya Idul Adha

Pariwisata | Senin, 10 Juni 2024 | Admin Disparpora
Gambar Berita

Disparpora– Siapa yang tidak kenal dengan makanan tradisional khas Talawi yang satu ini? Lamang Tungkek, makanan tradisional ini hanya hadir di momen-momen tertentu saja.

Makanan yang terbuat dari tepung beras yang dipadukan dengan santan dan gula aren ini jika diolah akan menjadi makanan tradisional khas Talawi, Kota Sawahlunto.

Lamang tungkek merupakan makanan khas Talawi yang hadir pada saat saat tertentu saja, seperti hari raya Haji atau Idul Adha. Hal ini dibenarkan salah seorang warga Talawi yang bernama Nofriwenti.

Nofriwenti mengatakan, jelang hari raya Idul Adha biasanya kami warga Talawi akan disibukkan dengan olahan lamang tungkek.

“Biasanya dua hari sebelum lebaran haji, pembuatan lamang tungkek itu sudah dimulai, karena lamang tungkek ini adalah sajian spesial setiap datangnya hari raya Idul Adha,” tutur yang biasa dipanggil Wenti itu.

“Lamang tungkek ini ada yang sengaja dibuat untuk dijual sesuai pesanan orang dan ada juga yang dibuat untuk sajian tamu jika ada yang datang ke rumah,” tuturnya lagi.

Memiliki bentuk bulat dan diikat dengan tali rapia membuat tampilan lamang tungkek ini menjadi unik, dan rasa yang manis dari gula asli tanpa bahan pemanis buatan, membuat lamang tungkek khas Talawi ini banyak diminati, bahkan ada orang yang sengaja membelinya untuk buah tangan.

Bagi masyarakat yang penasaran dengan rasa manisnya lamang tungkek Talawi ini, silahkan datang ke Talawi Kota Sawahlunto untuk mendapatkannya.

Berita Terkait
Grebek Suro Sambut tahun Baru Islam 1446 H Ribuan Warga Sawahlunto Berebut Gunungan Buah
Kamis, 11 Juli 2024 - Admin Disparpora
Puncak Cemara Sawahlunto Wahana Rekreasi Alam Disukai Anak-Anak
Rabu, 12 Juni 2024 - Admin Disparpora
Museum Goedang Ransoem Menanti Liburan Keluarga Yang Nyaman Dengan Segudang Cerita
Rabu, 12 Juni 2024 - Admin Disparpora
Pertama di Asia, Museum Situs Lubang Tambang Soero Sawahlunto Paling Disukai Wisman
Senin, 10 Juni 2024 - Admin Disparpora
Berkunjung ke Sawahlunto, Belum Lengkap Jika Belum Berswafoto dengan Kantor PTBA Unit Produksi Ombilin
Senin, 10 Juni 2024 - Admin Disparpora

Berita Populer


Data tidak ditemukan.