Deklarasi Kampung Pengawas Pemilu se-Kota Sawahlunto: Wujudkan Pemilu yang Partisipatif

Perekonomian | Rabu, 11 Oktober 2023 | Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sawahlunto
Gambar Berita

Sawahlunto – 11 Oktober 2023, telah terselenggara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif: Deklarasi Kampung Pengawas Pemilu se-Kota Sawahlunto di Museum Goedang Ransoem. Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto, Dr. dr. Ambun Kadri, MKM; Komisioner Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, M. Khadafi, S.Kom; Bawaslu Kota Sawahlunto; KPU Kota Sawahlunto; Forkopimda; kepala OPD atau yang mewakili; camat; kapolsek; danramil; Dr. Wirdanengsih, S.Sos., M.Si. sebagai narasumber; lembaga kerapatan adat; bundo kanduang; niniak mamak; cadiak pandai; dan hadirin lainnya.

Kampung Pengawas Pemilu adalah salah satu model dalam meningkatkan pengawasan partisipasi masyarakat sekaligus merupakan upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan persoalan-persoalan pengawasan pemilu. Dengan adanya Deklarasi Kampung Pengawas Pemilu ini, diharapkan adanya pemilu yang integritas. Dengan demikian, seluruh masyarakat Kota Sawahluto berhak dan bertanggung jawab mengawasi terselenggaranya Pemilu 2024 mendatang.

“Masyarakat mendambakan hasil pemilu yang integritas, kami siap membantu para pelaksana pemilu,” ujar Ketua LKKAM, Datuak Panghulu Sati, dalam sambutannya.

Komisioner Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, M. Khadafi, S.Kom., juga menyatakan, “Melalui kampung pengawasan ini, saya menganasirkan bahwa ini memang konsensus yang dibangun Sawahlunto sehingga kegiatan ini bisa terlaksana.”

“Mudah-mudahan Deklarasi Kampung Pengawas Pemilu bisa kita ciptakan dengan baik dan menjadikan Sawahlunto lebih baik dan lebih maju lagi,” ujar Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto, Ambun Kadri.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Wirdanengsih, S.Sos., M.Si. sebagai narasumber, mengungkapkan bahwa partisipatif merupakan tanggung jawab bersama serta integritas harus terjaga demi mewujudkan sebuah demokrasi. (mg/Laila/Reza/Tasya)

Berita Terkait
Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Dr.dr. Ambun Kadri, MKM kunjungi Operasi Pasar Pangan di Desa Silungkang Tigo Kecamatan Silungkang
Selasa, 26 Maret 2024 - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sawahlunto
Operasi Pasar Pangan di Desa Silungkang Tigo Kecamatan Silungkang
Selasa, 26 Maret 2024 - Admin Kecamatan Silungkang
Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Dr. Zefnihan, AP, M.Si tinjau Operasi Pasar Pangan di Desa Santur Kecamatan Barangin
Jumat, 22 Maret 2024 - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sawahlunto
Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Dr.dr. Ambun Kadri, MKM kunjungi Operasi Pasar Pangan di Desa Tumpuak Tangah Kecamatan Talawi
Jumat, 22 Maret 2024 - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sawahlunto
Pj Wali Kota Sawahlunto Dr. Zefnihan, AP, M.Si, pimpin Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Sawahlunto ikuti RakorPengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kemendagri
Selasa, 19 Maret 2024 - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sawahlunto

Berita Populer


Thumbnail Berita Populer
Kota Wisata
Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Dr.dr. Ambun Kadri,MKM, mendampingi Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)
Selasa, 17 Januari 2023
Selengkapnya
Thumbnail Berita Populer
Sosial
Wali Kota Deri Asta , SH serahkan BLT DD di Desa Lumindai
Jumat, 16 Desember 2022
Selengkapnya
Thumbnail Berita Populer
Sosial
Pemko Sawahlunto Lindungi Perempuan dan Anak, Dimulai Dari Pencegahan
Jumat, 23 September 2022
Selengkapnya
Thumbnail Berita Populer
Digitalisasi
Pemko Sawahlunto Kerja Sama Dengan BSSN Lindungi Sertifikat Elektronik
Kamis, 30 Juni 2022
Selengkapnya