Test Kebugaran Bagi Calon Jamaah Haji Kota Sawahlunto Tahun 2023 dengan Menggunakan APLIKASI SIPGAR (Sistem Informasi Pengukuran Kebugaran) Mandiri

Pembinaan Fisik | Senin, 06 Maret 2023 | Admin Dinkes
Gambar Berita

Kementerian  Kesehatan Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga memperkenalkan sebuah aplikasi dengan nama APLIKASI SIPGAR (sistem informasi kebugaran). Aplikasi SIPGAR merupakan aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu dengan metode ROCPORT.

Aplikasi ini dapat diunduh di platform playstore, sehingga makin mudah digunakan untuk olahraga dimanapun dan kapanpun. Setiap orang dapat mengetahui tingkat kebugarannya (baik,sedang,kurang) secara otomatis. Aplikasi SIPGAR  terkoneksi langsung GPS/jaringan internet sehingga tergambar dimana jalur lintasan saat  dilakukannya test kebugaran secara mandiri.

Ibadah haji merupakan suatu ibadah yang memerlukan kondisi fisik yang prima, sebelum calon jamaah berangkat ke tanah suci perlu dipersiapkan fisiknya melalui pengukuran tingkat kebugaran kepada calon jamaah. Metode pengukuran kebugaran yang biasa digunakan adalah dengan metode rockport dan test jalan 6 menit (khusus untuk jemaah haji yang memiliki tingkat resiko tinggi). Kesulitannya melakukan test kebugaran ini melibatkan banyak tenaga, biaya yang besar dan sulit dilakukan setiap waktu. namun dengan Aplikasi SIPGAR ini setiap orang bisa melakukan test kebugaran secara mandiri kapanpun dan dimanapun dengan syarat orang yang menggunakan aplikasi ini tidak mengidap penyakit jantung dan hipertensi untuk meminimalisir risiko.

Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Kota Sawahlunto melalui Pengelola Program Kesehatan Kerja dan Olahraga (Kesjaor) se-Kota Sawahlunto pada hari Senin 6 Maret 2023 di Lapangan Bola Kaki Ombilin mengadakan acara pengenalan dan Praktek Penggunaan APLIKASI SIPGAR kepada Calon Jamaah Haji Kota Sawahlunto Tahun Keberangkatan 2023. Tujuan dari acara ini agar memudahkan calon jamaah haji (CJH) dapat memantau kebugarannya secara mandiri sebelum benar-benar berangkat ke tanah suci. Mempersiapkan kondisi fisik yang bugar sehingga lancar dalam pelaksanaan ibadah dan pulang kembali ke tanah air dalam kondisi sehat wal afiat.





Berita Terkait
Pembinaan Tenaga Kesehatan Teladan
Sabtu, 03 Juni 2023 - Admin Dinkes

Berita Populer


Thumbnail Berita Populer
Kota Wisata
Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Dr.dr. Ambun Kadri,MKM, mendampingi Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)
Selasa, 17 Januari 2023
Selengkapnya
Thumbnail Berita Populer
Sosial
Pemko Sawahlunto Lindungi Perempuan dan Anak, Dimulai Dari Pencegahan
Jumat, 23 September 2022
Selengkapnya
Thumbnail Berita Populer
Sosial
Wali Kota Deri Asta , SH serahkan BLT DD di Desa Lumindai
Jumat, 16 Desember 2022
Selengkapnya
Thumbnail Berita Populer
Digitalisasi
Pemko Sawahlunto Kerja Sama Dengan BSSN Lindungi Sertifikat Elektronik
Kamis, 30 Juni 2022
Selengkapnya