Sekolah Istri Teladan Sawahlunto(SILO) menggelar wisuda Ke 3

Pendidikan | Kamis, 07 September 2023 | Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sawahlunto
Gambar Berita

Sawahlunto Kamis, 31 Agustus 2023 Sekolah Istri Teladan Sawalunto (SILO) gelar acara wisuda di BDTBT Sungai Durian, Kota Sawahlunto. Acara wisuda ini menjadi kehormatan dengan kehadiran Wakil Gubernur Sumatera Barat bapak Audy Joinaldy yang telah berkenan hadir untuk mengikuti acara wisuda SILO tahun ini.  Kehadiran beliau menjadi bukti nyata penghargaan dari program SILO. Selain bapak wakil gubernur, acara ini juga dihadiri oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sawahlunto, Kepala Dinas Sosial PMD PPA, Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto, serta Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) yang turut hadir. Kehadiran mereka semua memberikan dukungan dan memotivasi mereka untuk terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi Kota Sawahlunto.

Acara ini diawali dengan tari Pasambahan dari Sanggar Permata Hitam (Dinas Kebudayaan) untuk memeriahkan acara wisudawati tahun ini, dilanjutkan laporan dari Kepala Dinas Sosial PMD PPA, Efriyanto, S.Sos, MM, dalam laporannya mengungkapkan, “Acara ini merupakan pelaksanaan Silo untuk yang ketiga kalinya.”

Kegiatan hari ini adalah proses wisuda bagi peserta Sekolah Istri Teladan Sawahlunto (SILO) program inovasi Pemkot Sawahlunto yang melakukan pembelajaran oleh perempuan yang sudah menikah sebanyak 15 kali pertemuan. Peserta SILO pada angkatan ini dihadiri sebanyak 490 orang wisudawati yang didampingi oleh motivator SILO sebanyak 39 orang dari 25 desa dan 10 kelurahan. Sumber dana untuk mendukung acara ini dari APBD Kota Sawahlunto yang diamanatkan melalui pokok-pokok pikiran melalui Dinas PMD PPA Kota Sawahlunto, untuk pelaksanaan SILO di desa menggunakan APBDES di masing-masing desa. Jelas Efriyanto dalam laporannya.

Ketua Gabungan Organisasi Kota Sawalunto (Gow), Ny. Ir. Neldaswenty Zohirin, M. Si. dalam sambutannya mengungkapkan, “Kegiatan SILO ini dilakukan, karena melihat banyaknya kasus yang ada di Sawahlunto sehingga kami membuat kegiatan yang preventif.” Ia berharap kegiatan SILO ini dapat digunakan dengan baik nantinya oleh wisudawati hari ini.

“Dengan kegiatan SILO ini, kita berharap wisudawati ini mampu menuju zero kasus di Desa Kelurahan untuk kader RT terhadap istri dan anak untuk membentuk keluarga yang tangguh kemudian,” ungkap Ny. Ir. Neldaswenty Zohirin, M. Si.

Bapak wali kota juga sangat mengapresiasi program SILO ini berhasil dengan baik.

“Ini merupakan program inovasi yang sudah berhasil teruji dan terukur di kota ini. Program ini sangat meningkatkan kesejahteraan keluarga dengan menjadikan istri-istri teladan dan wisudawati yang hadir pada hari ini dapat mengimplementasikan ilmu yang didapatkan dalam program ini dengan sebaiknya di Kota Sawahlunto,” kata Bapak Wali Kota.

Suasana kebahagiaan juga memenuhi ruang acara saat Wakil Gubernur Sumatera Barat menyerahkan Paket Makanan Tambahan (PMT) kepada anggota kelompok balita dan ibu hamil secara simbolis yang didampingi oleh Bapak Wali Kota Sawahlunto untuk memberikan sambutan dan arahan untuk membuka secara resmi wisuda SILO angkatan 3 tahun ini.

Bapak Wakil Gubernur Sumbar menyampaikan bahwa program SILO ini sangat berpengaruh positif bagi seluruh ibu-ibu di Sawahlunto ini yang belum masuk program ini. Acara yang digelar dengan kehangatan dan sangat menjadi inspirasi untuk ke depannya. (Tasya)

Berita Terkait
Audiensi Pj. Walikota Sawahlunto dengan Dirjen Pendidikan PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek RI
Senin, 05 Februari 2024 - Admin Disdik
Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Dinas Pendidikan dan pelapasan Mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan (PLK)
Selasa, 30 Januari 2024 - Admin Disdik
geng PUSKEL
Jumat, 19 Januari 2024 - Admin Arsip
Pertemuan Bulanan DWP Dinas Pendidikan
Jumat, 12 Januari 2024 - Admin Disdik
Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa mengenai Dunia Kerja, Job Fair (Bursa Kerja) di SMK Negeri 2 Sawahlunto Diselenggarakan
Kamis, 23 November 2023 - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sawahlunto

Berita Populer


Thumbnail Berita Populer
Kota Wisata
Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Dr.dr. Ambun Kadri,MKM, mendampingi Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)
Selasa, 17 Januari 2023
Selengkapnya
Thumbnail Berita Populer
Sosial
Pemko Sawahlunto Lindungi Perempuan dan Anak, Dimulai Dari Pencegahan
Jumat, 23 September 2022
Selengkapnya
Thumbnail Berita Populer
Sosial
Wali Kota Deri Asta , SH serahkan BLT DD di Desa Lumindai
Jumat, 16 Desember 2022
Selengkapnya
Thumbnail Berita Populer
Digitalisasi
Pemko Sawahlunto Kerja Sama Dengan BSSN Lindungi Sertifikat Elektronik
Kamis, 30 Juni 2022
Selengkapnya