Sekolah Istri Teladan Sawahlunto (SILO) Gelar Wisuda Angkatan ke-3 Tahun 2023

Pendidikan | Kamis, 07 September 2023 | Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sawahlunto
Gambar Berita

Sawahlunto ‚Äď Pada tanggal 31 Agustus 2023, Sekolah Istri Teladan Sawahlunto atau yang dikenal dengan SILO menggelar acara wisuda angkatan ke-3 tahun 2023 di Aula BDTBT Kelurahan Durian II. Acara yang dimulai pada pagi hari ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sawahlunto, Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto, Kepala Dinas Sosial PMD PPA, dan Ketua GOW (Gabungan Organisasi Wanita).

Mengalami peningkatan dari angkatan sebelumnya, jumlah wisudawati pada tahun ini adalah sebanyak 490 orang dari 25 desa dan 10 kelurahan di Kota Sawahlunto, yang didampingi oleh 39 motivator.

Sebagaimana peran seorang istri sebagai pendamping suami, istri sebagai ibu bagi anak-anak, dan istri sebagai bagian dalam kehidupan sosial masyarakat, SILO merupakan kegiatan pembelajaran bagi perempuan yang sudah menikah di Kota Sawahlunto, dilaksanakan satu minggu sekali selama 15 kali pertemuan yang memuat materi mengenai pengembangan diri, pernikahan dan keluarga, pengasuhan anak, serta menjadi motivator untuk ketahanan keluarga.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Wisuda SILO, Efriyanto, S. Sos. MM, yang merupakan Kepala Dinas Sosial PMD PPA menyampaikan, "Program SILO ini merupakan program inovasi Pemerintah Kota Sawahlunto yang dibuat untuk mewujudkan ketahanan keluarga dan sekaligus sebagai wujud komitmen Sawahlunto menuju kota layak anak di Indonesia."

"Kita berharap dengan kegiatan SILO hari ini, wisuda-wisuda kita menuju zero kasus di desa kelurahan Kota Sawahlunto," ujar Ketua GOW, Ny. Ir. Neldaswenty Zohirin, M. Si. yang merupakan harapan untuk ke depannya bagi perkembangan SILO.

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta, SH. menyampaikan pesan-pesannya kepada para wisudawati, "Ibu-ibu pada hari ini sudah diwisuda, berarti ibu-ibu dianggap mampu. Artinya, implementasikanlah ilmu yang didapatkan dalam membina keluarga lebih baik lagi, dalam mendidik generasi-generasi penerus karena keluarga merupakan sektor paling awal bagaimana kita melahirkan generasi-generasi penerus yang hebat."

Selain prosesi wisuda, penyerahan PMT kepada balita dan ibu hamil secara simbolis oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Ir. Audy Joinaldy, S.Pt, M.Sc, M.M, IPM, ASEAN.Eng., juga dilaksanakan.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, juga begitu mengapresiasi program inovasi Kota Sawahlunto ini karena memiliki dampak positif bagi kehidupan rumah tangga yang lebih baik.

"Kita lanjutkan terus perjuangannya, jangan pernah berhenti karena ini adalah salah satu landasan kita membangun Sawahlunto yang lebih baik dan juga membangun Sumatera Barat dan Indonesia yang lebih baik," ujar beliau.

(Laila)

 

Berita Terkait
Audiensi Pj. Walikota Sawahlunto dengan Dirjen Pendidikan PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek RI
Senin, 05 Februari 2024 - Admin Disdik
Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Dinas Pendidikan dan pelapasan Mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan (PLK)
Selasa, 30 Januari 2024 - Admin Disdik
geng PUSKEL
Jumat, 19 Januari 2024 - Admin Arsip
Pertemuan Bulanan DWP Dinas Pendidikan
Jumat, 12 Januari 2024 - Admin Disdik
Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa mengenai Dunia Kerja, Job Fair (Bursa Kerja) di SMK Negeri 2 Sawahlunto Diselenggarakan
Kamis, 23 November 2023 - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sawahlunto

Berita Populer


Thumbnail Berita Populer
Kota Wisata
Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Dr.dr. Ambun Kadri,MKM, mendampingi Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)
Selasa, 17 Januari 2023
Selengkapnya
Thumbnail Berita Populer
Sosial
Pemko Sawahlunto Lindungi Perempuan dan Anak, Dimulai Dari Pencegahan
Jumat, 23 September 2022
Selengkapnya
Thumbnail Berita Populer
Sosial
Wali Kota Deri Asta , SH serahkan BLT DD di Desa Lumindai
Jumat, 16 Desember 2022
Selengkapnya
Thumbnail Berita Populer
Digitalisasi
Pemko Sawahlunto Kerja Sama Dengan BSSN Lindungi Sertifikat Elektronik
Kamis, 30 Juni 2022
Selengkapnya