Untuk meningkatkan keamanan siber,Kota Sawahlunto lakukan launching Sawahlunto-CSIRT

Digitalisasi | Minggu, 05 November 2023 | Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sawahlunto
Gambar Berita


Sawahlunto – Pemerintah Kota Sawahlunto melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melakukan Launching Sawahlunto Computer Security Incident Response Team (CSIRT). Peresmian tersebut dilakukan secara langsung oleh Pj. Wali Kota Sawahlunto, Dr. Zefnihan, AP., M.Si, bertempat di Aula Sentra IKM Sawahlunto, Kamis, 2 November 2023.

Turut hadir Sekda Kota Sawahlunto, Dr. dr. Ambun Kadri, MKM; Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah BSSN, diwakili oleh Firman Maulana, S.E; Kepala Dinas Kominfo Sumatera Barat, diwakili oleh Kepala Bidang Persandian, Eko Faisal, S.Kom., MM; Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat; serta Kepala OPD di lingkup Kota Sawahlunto.

Pembentukan Sawahlunto-CSIRT ini dimaksudkan untuk melakukan penanggulangan insiden, mitigasi insiden, dan analisis dampak insiden, serta pemulihan pasca insiden keamanan siber pada Pemerintah Kota Sawahlunto.

“Semoga dengan terselenggaranya launching dan terbentuknya Sawahlunto-CSIRT menjadi awal kerja sama yang baik antara badan siber dan sandi negara dengan Pemerintah Kota Sawahlunto, serta lebih membuka pandangan tentang pentingnya keamanan data dan informasi,” kata Kepala Dinas Kominfo Kota Sawahlunto, Nova Efrizon, dalam laporannya sebagai panitia pelaksana.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Barat turut menyambut baik dan berterima kasih atas di-launching-nya CSIRT di Sawahlunto ini karena Sawahlunto sudah memenuhi amanat dari peraturan badan siber sandi nasional tentang masing-masing kabupaten/kota provinsi harus membentuk CSIRT-nya. Itu adalah penguatan dari menentang kejahatan-kejahatan siber,” kata Kepala Bidang Persandian, Eko Faisal, dalam sambutannya.

“Terima kasih atas bimbingan dan fasilitasi dari BSSN dan juga Dinas Kominfo Sumatera Barat ke Kota Sawahlunto yang sudah mendorong kita, menfasilitasi kita, untuk membentuk tim tanggap keamanan siber ini atau Sawahlunto-CSIRT ini,” kata Pj. Wali Kota Sawahlunto, Zefnihan. (Mg/Laila/Reza/Tasya)


Berita Terkait
RAPAT SAKIP
Senin, 16 Januari 2023 - Admin Inspektorat
Pemko Sawahlunto Kerja Sama Dengan BSSN Lindungi Sertifikat Elektronik
Kamis, 30 Juni 2022 - Muhammad Rozakh

Berita Populer


Thumbnail Berita Populer
Kota Wisata
Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Dr.dr. Ambun Kadri,MKM, mendampingi Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)
Selasa, 17 Januari 2023
Selengkapnya
Thumbnail Berita Populer
Sosial
Pemko Sawahlunto Lindungi Perempuan dan Anak, Dimulai Dari Pencegahan
Jumat, 23 September 2022
Selengkapnya
Thumbnail Berita Populer
Sosial
Wali Kota Deri Asta , SH serahkan BLT DD di Desa Lumindai
Jumat, 16 Desember 2022
Selengkapnya
Thumbnail Berita Populer
Digitalisasi
Pemko Sawahlunto Kerja Sama Dengan BSSN Lindungi Sertifikat Elektronik
Kamis, 30 Juni 2022
Selengkapnya