Sawahlunto selenggarakan hari kedua Bimbingan Teknis Penyusunan Master Plan Smart City dan Quick Win tahap III

Bimtek | Selasa, 12 September 2023 | Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sawahlunto
Gambar Berita

Kamis, 7 September 2023, hari kedua Bimbingan Teknis Penyusunan Master Plan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win Program Unggulan Tahap III diselenggarakan di Aula Dinas Pertanian Sawahlunto. Kegiatan ini dihadiri oleh 4 orang dari Kementerian Kominfo Pusat sebagai narasumber.

Secara sederhana, Smart City atau kota cerdas adalah wilayah kota yang mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengelola kehidupan sehari-hari dengan tujuan untuk mewujudkan efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, serta meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan warganya.

Setelah melalui tahap I dan tahap II, Bimbingan Teknis Penyusunan Master Plan Smart City dan Quick Win Program Unggulan Tahap III sukses dilaksanakan di Kota Sawahlunto. Pada hari pertama, telah berlangsung pengantar Bimtek III, diskusi dan pengisian kertas kerja I (road map jangka panjang), dan refresh program inovasi hasil Bimtek II.

Kemudian pada hari kedua ini, telah berlangsung presentasi dan diskusi Quick Win per dimensi Smart City, yaitu smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment.

Presentasi dan diskusi diawali oleh dimensi smart branding oleh dinas kebudayaan dengan nama inovasi Dada Warsina (Digitalisasi Data Warisan Budaya Dunia) dan persentase penyelesaian 70%. Bapak Agus sebagai narasumber mengemukakan beberapa saran untuk Quick Win yang telah dipaparkan, yaitu pada pengisian web, hendaknya masyarakat memiliki akses untuk melaporkan warisan budaya yang dimiliki atau ditemukan, kemudian pihak ahli bertugas mengonfirmasi hal tersebut.

Lebih lanjut, setiap Quick Win oleh masing-masing dimensi masih memerlukan peningkatan dan pengembangan, seperti memperluas jejaring dan aspek lainnya. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase penyelesaian yang berkisar antara 1% hingga 99%. Satu persen oleh dimensi smart economy dengan nama inovasi Info Sunto dan 99% oleh smart society, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dengan nama inovasi Jempol Narsis (Jemput Bola Nyasarin KTP Siswa). Kemudian sebagian besar dari dimensi lainnya memiliki persentase penyelesaian 70%.

Kepala Dinas Kominfo Sawahlunto, Nova Efrizon, menyatakan bahwa Sawahlunto memiliki inovasi-inovasi unggul yang perlu diekspos dan terus dikembangkan sehingga diketahui masyarakat luas. Dengan adanya Bimtek ini diharapkan hal tersebut dapat terwujud. Beliau sekaligus menutup Bimbingan Teknis Penyusunan Master Plan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win Program Unggulan Tahap III. (Laila)

Berita Terkait
Kominfo ikuti Pembinaan Statistik Sektoral
Rabu, 15 Mei 2024 - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sawahlunto
Bimtek Admin Aplikasi yang merupakan tahapan Merit Sistem Kota Sawahlunto dibuka oleh Sekda Kota Sawahlunto Dr. dr. Ambun Kadri
Minggu, 21 Januari 2024 - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sawahlunto
Bimtek Admin Aplikasi E-Gov, Portal Satu Data, Simpeg dan Website Dalam Rangka Tahapan Merit Sistem Kota Sawahlunto
Kamis, 18 Januari 2024 - Admin Disdik
Bimtek Pengelolaan Sistem Meritokrasi Ideal dibuka oleh Pj Walikota Zefnihan
Jumat, 05 Januari 2024 - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sawahlunto
Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat beserta Rombongan hadiri bimbingan teknik PKK Kota Sawahlunto
Jumat, 27 Oktober 2023 - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sawahlunto

Berita Populer


Thumbnail Berita Populer
Pelatihan
Pembukaan Pelatihan Pengelasan SMAW Posisi 2F di BLK Sawahlunto
Jumat, 17 Mei 2024
Selengkapnya
Thumbnail Berita Populer
Pemerintahan
PJ Walikota Sawahlunto Ajak Insan Media Untuk Berkontribusi Memajukan Sawahlunto melalui Karya Tulisnya.
Senin, 20 Mei 2024
Selengkapnya
Thumbnail Berita Populer
Pemerintahan
Harkitnas ke 116 2024 Bertemakan Bangkit Untuk Indonesia Emas
Senin, 20 Mei 2024
Selengkapnya
Thumbnail Berita Populer
Pelatihan
Kominfo Sawahlunto gelar pelatihan Pengembangan website OPD
Selasa, 21 Mei 2024
Selengkapnya